Pangkat dalam Kepolisian

Share:

Tribratanews.kepri.polri.go.id

Banyak masyarakat yang masih bingung dengan pangkat yang ada di Kepolisian Indonesia. Bahkan beberapa diantaranya tidak bisa membedakan pangkat Kepolisian sehingga menganggap semua polisi memiliki pangkat yang sama kecuali kepala Kepolisian Indonesia saja. Padahal terdapat 6 tingkatan pangkat dalam Kepolisian yang di setiap tingkatannya juga memiliki pangkat tersendiri. Berikut ini informasi mengenai kepangkatan dalam sebuah Kepolisian.
  1. Tamtama
Tamtama merupakan pangkat yang pertama diberikan pada dinas Kepolisian pada polisi yang baru saja menjabat. Tamtama memiliki terdiri dari dua tingkatan lagi yakni bhayangkara dan ajun brigadir. Sedangkan bhayangkara juga memiliki dua tingkat lagi yakni bhayangkara dua yang biasa dikenal dengan Bharada dan juga bhayangkara satu yang biasa dikenal dengan Bharatu. Setelah melewati tingkatan ini maka akan menuju ajun brigadir polisi dua yang disingkat Abripda sedangkan untuk ajun brigadir satu disingkat dengan Abrip.
  1. Bintara
Tingkat atau pangkat berikutnya adalah bintara yang meliputi Sersan Kepala Polisi, Sersan Mayor Polisi, Sersan Satu Polisi, Dan Sersan Dua Polisi. Adapun golongan yang masuk ke dalam pangkat bintara ini adalah brigadir polisi dua atau Bripda dan juga Brigadir Polisi Satu atau Briptu. Pada pangkat ini pula terdapat Brigadir Polisi atau Brigpol dan kepalanya yang dikenal dengan Bripka atau Brigadir Polisi Kepala.
  1. Bintara Tinggi
Bintara tinggi merupakan pangkat yang didapatkan setelah bintara yang umumnya mulai masuk dalam badan Kepolisian Republik Indonesia. Di dalamnya terdapat golongan Ajun Inspektur Polisi Dua atau lebih dikenal dengan Aipda dan juga Ajun Inspektur Polisi Satu yang lebih dikenal dengan Aiptu.
  1. Perwira
Tingkat perwira dibagi menjadi tiga pangkat yakni Perwira Pertama, Perwira Menengah, Dan Perwira Tinggi. Perwira pertama meliputi Inspektur Polisi Satu atau lebih dikenal dengan Iptu atau juga Inspektur Polisi Dua yang juga dikenal dengan Ipda. Termasuk di dalamnya juga Ajun Komisaris Polisi disingkat dengan AKP. Sedangkan dalam pangkat perwira menengah diisi oleh Komisaris Polisi (Kompol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), dan Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).Sedangkan pangkat paling tinggi berada di perwira tinggi yang meliputi Jenderal Polisi, Brigadir Polisi, Inspektur Jenderal Polisi, dan Brigadir Jenderal Polisi.

Penulis : Yolan
Editor   : Edi
Publish : Tahang

Tidak ada komentar